Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
News AWS Hadirkan Layanan Hybrid Cloud Terbaru, dari Software sampai Kontainer
#1
[Image: keynote-snowmobile.jpg?resize=700%2C467&ssl=1]

Las Vegas, InfoKomputer – Kekuatan Amazon Web Services (AWS) di arena public cloud tak perlu diragukan lagi. Enam tahun berturut-turut, AWS bercokol di posisi Leader dalam Gartner Magic Quadrant untuk Cloud Infrastructure as a Service. Sampai tahun ini, AWS telah memiliki sekitar 1.000 layanan, feature, dan tool cloud baru yang ditawarkan pada pelanggannya.

Di arena hybrid cloud, AWS cenderung bermain lebih “kalem”. Celah ini dimanfaatkan para kompetitornya untuk lebih agresif menawarkan solusi hybrid cloud. Misalnya, Microsoft meluncurkan Azure Stack dan Oracle baru-baru ini memperkenalkan Oracle Cloud Machine. Keduanya akan memampukan pelanggan memboyong kapabilitas cloud Azure dan Oracle ke data center mereka.

Sebenarnya ada beberapa layanan hybrid yang ditawarkan AWS, misalnya Amazon Virtual Private Cloud (VPC) dan Amazon Direct Connect untuk  integrated networking, AWS Storage Gateway dan AWS Snowball untuk data integration, dan AWS Directory Service untuk identity integration.

Langkah AWS menggandeng VMware untuk menyajikan layanan hybrid cloud VMware Cloud on AWS bulan Oktober lalu cukup memperoleh perhatian pasar. Terutama karena cukup banyak organisasi telah memvirtualisasi lingkungan TI on premise-nya dengan VMware dan juga menjalankan aplikasi di cloud AWS.

Hybrid untuk Perangkat IoT

Di ajang AWS re:Invent 2016 yang berlangsung di Las Vegas, AS, AWS memperkenalkan solusi hybrid cloud untuk kebutuhan Internet of Things, yaitu AWS Greengrass. Software AWS Greengrass memampukan IoT connected device menjalankan fungsi-fungsi AWS Lambda, compute, messaging, dan data caching secara lokal. AWS Lambda adalah serverless computing framework untuk menjalankan kode-kode pemrograman di cloud.

Salah satu contoh pemanfaatan AWS Greengrass didemonstrasikan di re:Invent 2016 oleh NASA Jet Propulsion Laboratory, pembuat Rovers, robot penjelajah Planet Mars. AWS Greengrass dipasang pada Rov-E (Remotely Operated Vehicle for Education) agar pemrograman dan pengujian robot-robot JPL dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Dengan AWS Greengrass, JPL dapat membenamkan kemampuan mengeksekusi kode secara lokal pada robot-robot yang akan ditempatkan di lingkungan-lingkungan yang sulit, misalnya di Mars, bulan, atau bumi. AWS Greengrass juga memampukan kode-kode pemrograman pada robot itu  melakukan kalkulasi dan analisa terhadap big data di cloud.

Truk Kontainer untuk Pindahkan Data ke Cloud

Di panggung re:Invent 2016, Andy Jassy (CEO, AWS) juga memperkenalkan generasi terbaru AWS Snowball, layanan data transport untuk memindahkan data berskala petabyte ke cloud AWS.

Layanan bernama Snowball Edge ini dibekali kemampuan yang sama dengan Snowball. Tambahannya adalah kapasitas simpan data yang dua kali lebih besar, sampai dengan 100 TB; kecepatan jaringan empat kali lebih gegas; fasilitas built in Wi-Fi dan komunikasi seluler; dan interface Network File System dengan Amazon S3-compatible endpoint  sehingga Snowball Edge dapat terkoneksi ke cloud, mengirim data dari dan ke Amazon S3.

Bagaimana dengan perusahaan yang datanya mencapai skala exabyte? Jangan khawatir karena AWS mempunyai Snowmobile.Layanan data transport ini  terpasang pada sebuah truk kontainer berukuran panjang hampir 15 meter. Menurut Jassy, Snowmobile dapat menampung data hingga 100 petabyte. “Kami akan mendatangkan truk ini ke data center Anda,” ujarnya.

Untuk mulai memindahkan data, pelanggan cukup menancapkan kabel power Snowmobile dan menghubungkan penyimpan data ke Snowmobile dengan kabel fiber.

Menurut Jassy, butuh waktu sekitar 26 tahun untuk memindahkan satu exabyte data dengan kecepatan 10 Gbps ke data center AWS. Namun dengan sepuluh Snowmobile, proses data transport bisa dituntaskan dalam waktu kurang dari enam bulan.

Sumber : infokomputer.com
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  News  Pertama Di Indonesia, Virtualisasi Dan Cloud VMWare Masuk Kurikulum Universitas vmaja 0 340 14-10-2016, 03:47 PM
Last Post: vmaja
  News  Bangun Software-Defined Data Center, Telin Gunakan VMware Validated Designs vmaja 0 377 04-10-2016, 11:00 AM
Last Post: vmaja
  News  VMware dan IBM Sepakat Perluas Kemitraan Cloud Global hingga ke Layanan Desktop vmaja 0 624 18-06-2016, 11:46 PM
Last Post: vmaja
  News  Bos VMware: Layanan Cloud Akan Jadi Model Bisnis Masa Depan domsbyte 0 499 13-06-2016, 12:44 AM
Last Post: domsbyte
  News  VMware Tawarkan Layanan Cloud Hybrid Kelas Bisnis domsbyte 0 402 13-06-2016, 12:42 AM
Last Post: domsbyte
  Info  Cloud Siap Dukung Akselerasi Pelaku Bisnis dan Usaha di Indonesia domblonk 0 1,155 10-04-2016, 12:09 PM
Last Post: domblonk



Users browsing this thread: 1 Guest(s)