Thread Rating:
  • 1 Vote(s) - 5 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Share Cara Membuat software Portable dengan Thin App Vmware
#1
Bagi sebagian besar orang, akan sangat merepotkan bila harus menginstall software/games yang sama pada beberapa komputer. Mungkin pernah terlintas dipikiran anda bagaimana bila anda membuat software itu dapat disimpan dalam sebuah flashdisk yang mana anda dapat langsung menggunakan software tersebut di komputer manapun tanpa harus melalui proses install berulang-ulang.

Untuk permasalahan itulah, Saya menerbitkan tutorial "How to make portable software?" yang mungkin akan sangat bermanfaat bagi anda semua. Tapi sebelumnya anda harus tahu terlebih dahulu apa itu portable software. Portable software adalah software yang dapat kita bawa kemana-mana, maksudnya software tersebut cukup diinstall 1x di sebuah komputer, kemudian kita simpan ke dalam media storage yang dapat dipindah-pindahkan (misal: flash disk, HDD eksternal, dsb.), dan kita dapat memakai software tersebut di komputer lainnya.

Dalam pembuatan software portable, saya memakai program VMware ThinApp. Bila anda menginginkankan software ini, Anda dapat menuliskan alamat email anda, nanti akan saya kirimkan link downloadnya (karena tidak diperbolehkan share link yang illegal, he he..)

1. Masuk aplikasi Thin App
2. Klik Next
3. Klik Prescan

[Image: Capture2.JPG]

4. Klik Next (abaikan bila ada warning: Unable to Query the registry value)
5. Sebelum klik post scan, Install software yang anda ingin buat portable secara lengkap (termasuk krack-krack serta updatenya bila ada) hingga selesai. Perhatian: selama proses installasi berlangsung, diharapkan tidak menjalankan aplikasi apa pun agar data software portablenya tidak terlalu besar.

6. Klik Postscan (bila ada pilihan Ok diklik saja)

[Image: Capture4.JPG]

7. Klik Next (abaikan bila ada warning-warning)
8. Selanjutnya anda akan dihadapi pilihan seperti dibawah ini:

[Image: Capture5.JPG]

beri tanda Mark pada icon yang dipakai untuk start/memulai software (misalkan di sini saya menginstall game monopoly city, saya memberi tanda mark pada "Monopoly City.exe" karena untuk start game ini melalui itu). Selanjutnya klik Next.

9. Selanjutnya klik Next beberapa kali sampai muncul window seperti dibawah ini:

[Image: Capture+6.JPG]

Di sini, anda dapat menentukan lokasi untuk menyimpan software portable yang belum final(anda bebas memilih lokasinya, tetapi pastikan free storage anda mencukupi), selanjutnya klik Next dan Save.

10. Setelah proses saving selesai, klik Next (abaikan bila ada warning)
11. Selanjutnya akan muncul window seperti dibawah ini:

[Image: Capture7.JPG]

Anda dapat Mark "skip" the build process, klik Next, kemudian klik Finish.

Kemudian anda akan ditujukan pada folder tempat portable software anda tersimpan. Anda dapat memasukkan folder software portable tersebut ke dalam storage eksternal agar dapat dipakai pada komputer yang lainnya. Untuk memulai software anda dapat masuk ke %ProgramFilesDir% karena di sini adalah tempat software portable anda terinstall.

Silakan dicoba bro..
tes dari newbie.. Smile
Reply
#2
ooh pake thinapp bisa yaa jd portable..
baru tau ane..
makasih info nya
Reply


Possibly Related Threads...
Thread Author Replies Views Last Post
  [Video Tutorial] Cara Install ThinApp di VMware Workstation domsbyte 1 1,575 12-02-2015, 01:26 AM
Last Post: vmaja



Users browsing this thread: 1 Guest(s)